Skip to main content

Menikmati Es Katam 212 Sultan Adam Yang Maknyus

Idtravelkids.- Sore itu udara memang tidak terlalu panas, namun juga tidak terlalu lembab. Walau memang awan nampak sedikit mendung awalnya, namun kemudian pada akhirnya sirna juga dengan secara berangsur-angsur dengan sendirinya.

Edisi sore ini 15 Agustus 2017 memang nggak ada perjalanan atau aktifitas yang berarti, namun entah angin apa yang akhirnya membawa kami “Syifa, AA, abah dan mama” sekeluarga ingin jalan-jalan menikmati aktifitas jalanan kota Banjarmasin yang lumayan padat merayap-rayap.

Awalnya kita sempat mampir ke rumah seseorang karena memang ada urusan di daerah Kayutangi, biasa lah urusan orang tua mah nggak pernah habisnya kan. Selesai dengan urusan yang satu, maka akhirnya datang lagi urusan yang lainnya yang juga nggak kalah serunya. Namun waktu untuk keluarga juga tidak seharusnya di abaikan juga kan ?.

Menikmati waktu bersama keluarga tidaklah harus di tempat-tempat mewah, bahkan tempat mampir di pinggir jalan sekalipun nggak jadi masalah. Karena bukan tempat yang menjadi ukuran, namun kebersamaan nya yang menjadi tujuan. Itu juga yang membuat kami menyempatkan waktu sebentar di warung pinggir jalan yang menjual beberapa hidangan, dari es katam, aneka juss, hingga pentol kuah, dll.

“Es Katam 212” menjadi salah satu tujuan kami mampir, sekedar melepas lelah dan penat saja sebenarnya. Kami juga memesan “es katam” yang menjadi andalan di warung tersebut. Harganya murah meriah guys, Rp 6000 perak doang. Makanya kalau pulang kerja kadang saya juga mampir di sana, menikmati berbagai macam aneka buah segar yang di potong-potong kecil baru kemudian di taburi es serut yang halus.

“ES Katam” sebenarnya sebuah minuman jaman dulu kali yah, dimana berbagai buah segar di potong-potong kecil. Dari apel, nangka, lemon, nanas, hingga buah naga dan banyak buah lainnya. Mungkin sejenis sop buah juga. Buah segar tersebut kemudian di kasih susu kental manis, dan beberapa rempah-rempah lainnya. Barulah kemudian di kasih es yang di serut halus, barulah kemudian di atasnya di kuahi cairan manis seperti air gula atau lainnya.

Dari proses tersebut lahirlah “ES Katam” ala jaman dulu yang maknyus dan menyegarkan. Kalau anak-anak jaman dulu mungkin sering menikmatinya sebelum lahirnya berbagai varian es cream yang bisa ditemukan di berbagai tempat nongkrong.

Kenapa saya memilih tempat tersebut? Jujur yah!! Alasan kami sederhana, hanya ingin bernostalgia dengan berbagai hidangan jaman jadul. Kalau dulu biasanya adanya di pinggiran jalan, nah di situ walau di pinggiran jalan bukan berarti tempatnya kotor, jorok, dan lainnya. Tempatnya bersih dan cukup nyaman kalau hanya sekedar merenggangkan urat kaki.

Bahkan si kecil kakak beradik pun sempat-sempatnya minta di foto, walau hanya dengan menggunakan camera handphone jadul saya. “Cekrikkk” yang namanya juga mulai doyan selfi jeprat jeprit sana sini kalau sedang entah berada dimana, yah begitulah. 

Menikmati Es Katam

Kalau kalian tertarik bernostalgia dengan minuman jaman dulu ini, bisa datang saja ke daerah Sultan Adam ( Kayutangi-Banjarmasin ). Tepatnya bersebarangan dengan rumah makan Bunda, jika dari bundaran Kayutangi menujur balai kota Banjarmasin beluk kiri sekitar 30 meteran.

Comments

Popular posts from this blog

Pulau Sirang Riam Kanan Kalimantan Selatan

Idtravelkids.- Pulau Sirang adalah tempat yang sangat tepat untuk beranjak meninggalkan sejenak kejenuhan anda yang hidup di tengah-tengah kota yang serba penuh dengan tekanan. Selain pemandangan alam nya yang menawarkan begitu banyak keindahan dan kenyaman, pulau kecil yang berada di tengah-tengah waduk buatan Riam Kanan ini juga di kelilingi air tawar yang begitu jernih dan menyejukan. Well, kami ingin mengajak anda menenguk sedikit dari kekayaan alam kita Indonesia. Salah satunya keindahan waduk Riam Kanan yang ada di provinsi Kalimantan Selatan ini. Ada banyak tempat-tempat menarik di sini yang bisa anda jadikan target kunjungan anda, dari pulau pinus, hingga pulau Sirang yang sangat menawan. Sebagaimana informasi yang kami kumpulkan, sedikit akan menambah kekaguman anda kepada alam tropis yang di miliki oleh negri ini. Ternyata tidak kalah dengan alam-alam luar negri yang banyak di datangi oleh para artis-artis ibu kota. Kalian harus tahu! Pulau Sirang - Riam Kanan

Ini Nih Tips Bila Si Kecil Ikut Ngetrip

Sahabat Travel Kids mungkin merasa kesulitan saat melakukan perjalanan bersama si kecil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan para orang tua kesulitan melakukan perjalanan bersama si kecil, kekhawatiran kepada si kecil yang berlebihan atau karena memang belum terbiasa bisa saja menjadi alasan kenapa banyak orang tua yang merasa kesulitan melakukan beberapa perjalanan bersama buah hatinya. Kami punya beberapa tips bagi orang tua yang mengajak buah hatinya melakukan perjalanan. Entah karena memang sengaja sedang berliburan untuk keluarga atau sedang melakukan perjalanan khusus lainnya. Maka perhatikan beberapa hal berikut ini: 1. Perlengkapan buah hati. 2. Kesehatan buah hati. 3. Kebiasaan apa saja yang sering dilakukan buah hati. 4. Asupan makan si kecil untuk kebiasaan di hari-hari biasanya. Perlengkapan buah hati harus anda prioritaskan. Ini mengingat kebutuhan si kecil mungkin berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Sementara bisa saja kebutuhan tersebut akan mem

Si Kecil Yang Sukanya Traveling

Si kecil yang suka ngetrip . Itu hal biasa bagi kami, jika melihat mukanya yang imut karena memang baru berusia dua tahun. Usia dua tahun sejak artikel ini kami publikasikan. Namnya Hamidah Maysyifa, kemudian halaman blog inilah yang akan menceritakan berbagai perjalanan panjang sang gadis manis kami. Gadis kami lahir 11 Mei 2015, jadi kalau memasuki bulan Mei maka kami akan dengan senang hati menyiapkan banyak kejutan kepadanya, termasuk menentukan kemana kami & keluarga mengajak nya jalan-jalan. Apalagi sejak baru umur berapa bulan Syifa memang sudah biasa jalan-jalan entah kemana pun saya orang tuanya jalan-jalan ngetrip. Mungkin hoby orang tuanya lah yang kemudian menurun kepada anaknya. Walau awalnya hanya jalan-jalan yang tidak terlalu jauh, apalagi harus keluar provinsi itu nggak pernah awalnya. Namun dari pengalaman nya tersebutlah, Syifa sendiri menyukai traveling kemana-mana, apalagi karena kondisinya yang sudah terbiasa jalan jauh membuatnya kuat saja kalau